Jalan-Jalan ke Riau? Jangan Lewatkan Makanan Khasnya





Assalamualaikum, Dears.

Riau dikenal dengan sebutan Bumi Lancang Kuning atau Bumi Melayu, sebab penduduk asli di provinsi ini adalah warga suku Melayu. Meskipun begitu, saat ini Riau telah menjadi tempat tinggal atau pun sumber penghasilan bagi warga pendatang dari berbagai daerah dan suku, seperti Batak, Bugis, Banjar, Jawa, Minangkabau, Kampar, Loncong, Arab, Hokkien, Tamil, Tiochiu, hingga warga Tionghoa.

Riau juga dikenal sebagai provinsi paling kaya di Indonesia. Selain itu, provinsi penghasil sumber alam terbesar ini disebut-sebut juga sebagai salah satu paru-paru dunia, loh. Wow banget, ya, Dears!

Tak hanya kaya akan hasil bumi seperti minyak, gas, dan emas, serta hasil perkebunan dan hutan, Riau juga terkenal dengan aneka makanan khas Melayu yang tak diragukan lagi kelezatannya, loh!

Nah, makanan apa saja sih yang menjadi ciri khas Bumi Lancang Kuning ini? Simak ulasan tentang makanan khas Riau yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Bumi Lancang Kuning, ya.


1. Bolu Kemojo




Tak lengkap rasanya jika kamu ke Riau tanpa mencoba bolu yang satu ini. Bolu berbentuk bunga ini terbuat dari olahan pandan asli yang diblender hingga halus. Rasa manis yang tidak terlalu pekat, ditambah gurihnya santan dan pandan membuat siapa saja yang makan tak akan cepat merasa eneg atau jenuh. Bahkan, kamu bisa ketagihan saat sudah mencicipi bolu yang satu ini.

Bolu kemojo juga bisa dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas Riau untuk keluarga tercinta atau pun teman dan kerabat, Dears. Bolu ini biasanya tahan hingga lima hari saja. Tapi, jangan khawatir kadaluarsa. Karena dijamin bolu ini akan langsung habis dimakan setelah kamu beli.


2. Gulai Ikan Patin

Makanan berwarna kuning pekat ini tak pernah sepi peminat. Rasa kuahnya yang gurih dan lezat, ditambah ikan patin yang memiliki tekstur lembut, dijamin bakal bikin kamu lupa diet. Apalagi kalau ditemani dengan sayur daun singkong rebus, hmm … yummy!


3. Nasi Lemak


Siapa yang tak kenal nasi lemak khas Melayu? Nasinya saja sudah terasa gurih. Sebab, nasi lemak dimasak dengan santan dan daun pandan yang memberikan aroma kelezatan maksimal. Ditambah pelengkap seperti sambal, telur, teri, kacang tanah, membuat nasi lemak terasa sangat nikmat dimakan sebagai sarapan maupun makan malam.

Makanan asal Riau yang satu ini bahkan sudah bisa kamu temui di negara luar loh! Seperti Brunei Darussalam, Malaysia, hingga Singapura. Hebat ya!


4. Miso

Pernah dengar kata Miso, Dears? Nah! Makanan yang satu ini merupakan olahan mie yang disiram dengan kuah yang sangat lezat. Kuah miso hampir sama dengan bakso. Hanya saja, terdapat minyak khusus yang digunakan saat memasak kuah Miso, sehingga rasanya semakin nendang.

Miso juga tak lengkap tanpa taburan ayam suir, kerupuk kulit ayam yang sudah direbus, serta tahu kering. Kamu juga bisa makan nasi pakai Miso ini, loh. Apalagi ketika cuaca dingin, makan yang hangat-hangat seperti Miso memang paling tepat!


5. Roti Jala

Roti dari olahan terigu ini disajikan dengan kuah kari yang nikmat. Kari yang kamu mau juga bisa dipilih, mau kari ayam, sapi, atau kambing. Tak hanya kari, roti jala juga nikmat dimakan dengan kuah durian atau saus, loh!


6. Cencalok




Nama makanan yang satu ini pasti masih asing di telinga kamu. Eits, tenang dulu! Kamu tak perlu ragu mencoba makanan khas Melayu ini.

Cincalok terbuat dari udang-udang kecil yang difermentasi, Dears. Rasa asin dan gurih dari cincalok ini pas banget buat temen makan dan sebagai penyedap masakan, seperti sambal, tumis, hingga gulai. Aroma dan rasanya sangat khas. Hanya dengan sambal dan cincalok saja sudah bisa bikin kamu menghabiskan banyak nasi, lho!


7. Gulai Belacan

Makanan yang satu ini terbuat dari udang segar. Dimasak dengan bumbu seperti kemiri dan lada, serta santan, membuat makanan ini sangat lezat dengan tekstur kuah yang kental. Tambahan asam jawa membuat rasa Gulai Belacan semakin nikmat.

Kalau kamu memang penikmat seafood, jangan lewatkan makanan ini saat berada di Riau, ya!


8. Lakse Kuah

Makanan yang satu ini juga tak kalah lezatnya. Bahkan, makanan ini juga bisa kamu temui di Malaysia, loh!

Untuk kuah laksenya sendiri dibuat dari olahan ikan laut segar. Ikan yang digunakan untuk membuat kuah lakse biasanya adalah ikan tongkol atau pun ikan teri. Ikan tersebut dihaluskan terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi kuah.

Pelengkap makanan ini adalah mie sagu. Perpaduan mie sagu dengan kuah yang terbuat dari ikan, santan, dan berbagai macam rempah dijamin bakal langsung cocok di lidah dan membuat kamu ketagihan, loh.

Nah, itu dia delapan makanan khas Riau alias Bumi Lancang Kuning, yang wajib kamu coba kalau berkunjung atau sedang berada di Riau dengan berbagai agenda atau kegiatan.

3 comments

Member Of