Mengenal Lebih Dekat Sosok Difabel Sang Motivator Dunia

Pict : Koalahero.com

Assalamualaikum.
Selamat pagi, Dears. Selamat datang kembali di blog saya.
Kali ini saya ingin menceritakan tentang sosok yang sangat menginspirasi banyak orang, khususnya anak muda. INSPIRING PEOPLE yang memiliki kekurangan secara fisik, tetapi kaya akan prestasi dan inspirasi.

Nicholas James Vujicic, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Nick Vujicic adalah seorang warga Australia yang lahir di Melbourne, 04 Desember 37 tahun silam. Nick yang dikenal oleh jutaan orang di dunia ini adalah seorang motivator yang tidak memiliki tangan dan kaki sejak lahir.

Bagaimanakah sosok difabel bernama Nick ini bisa menjadi motivator kelas dunia? Mari kita simak biografi singkat sang inspirator ini.

Pict : Koalahero.com

Masa Kecil

Pict: Koalahero.com

Nick Vujicic terlahir dengan kondisi tanpa kedua tangan dan kaki. Menurut ilmu medis, kondisi tersebut disebabkan oleh sindrom bernama tetra-amelia, yaitu kelainan bawaan resesif autosomal yang sangat langka. Sindrom tersebut yang menyebabkan pertumbuhan janin dalam rahim tidak sempurna.

Kehidupan Nick kecil tak lepas dari bully, baik di rumah maupun di sekolah. Bahkan, saat lahir sang ibu tak mau melihat dirinya. Kondisi yang terjadi pada Nick membuat keluarganya terpukul. Namun, seiring berjalannya waktu, kedua orang tua Nick akhirnya menerima kondisi sang anak sebagai anugerah spesial dari Tuhan.

Bully yang diterima di masa kanak-kanaknya membuat Nick tertekan, bahkan ia beberapa kali mencoba bunuh diri. Hingga diusianya yang ke 17 tahun, ibunya menemukan sebuah artikel tentang seorang pria dengan kondisi lebih buruk dari Nick. Namun, pria itu tetap kuat dan mengajak orang lain untuk terus berjuang. Dari situlah Nick akhirnya bangkit dari keterpurukan.

Baca juga :

Pendidikan


Terinspirasi dari sosok pria yang ada dalam artikel, Nick bangkit dan mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Meski dengan susah payah, Nick akhirnya lulus SMA dengan nilai yang baik.

Nick kemudian melanjutkan pendidikan di Griffith University, Australia. Ia bahkan mengambil dua jurusan sekaligus di bidang akuntansi dan perencanaan keuangan. Meski harus menggunakan jari-jari kakinya yang dipisahkan melalui operasi saat bayi untuk menggunakan komputer dan aktivitas lainnya, tetapi Nick mampu menyelesaikan kuliah di usia 21 tahun.

Karir

Pict : Koalahero.com

Nick Vujicic memulai karir di usia 23 tahun sebagai motivator. Di tahun 2005 ia juga mendirikan sebuah organisasi bernama "Life Without Limbs". Organisasi tersebut didirikan untuk memberikan bantuan moral dan material kepada para penyandang disabilitas.

Nick mulai berbicara di depan umum ketika memperkenalkan organisasi tersebut. Ia sering berbagi kisah dan perjuangannya selama hidup. Hal tersebut membuat banyak orang terkesan dan termotivasi.

Di tahun 2007, Nick mendirikan perusahaan nirlaba bernama "Attitude vs Attitude". Perusahaan tersebut bergerak di bidang motivational speaking. Nick memulai karirnya sebagai motivator profesional dengan perusahaan tersebut.

Kisah kehidupan Nick Vujicic ternyata mampu menghipnotis jutaan orang, terutama penderita difabel agar tak menyerah dengan kehidupan. Motivasinya mampu membuat pendengar terinspirasi, lalu bangkit untuk mencapai sesuatu yang sebelumnya mereka anggap mustahil.

Keberhasilan Nick sebagai motivator yang sangat menginspirasi membuatnya diundang sebagai pembicara di seluruh dunia. Mulai dari sekolah-sekolah, organisasi, perkumpulan, bahkan hingga acara internasional seperti Word Economic Forum.

Selain itu, Nick juga tampil dalam beberapa film pendek dan dokumenter untuk memberikan motivasi. Salah satu video yang terkenal adalah ketika ia dengan gesit berenang di sebuah kolam renang. Meski dengan segala keterbatasan, Nick mampu bergerak lincah dan mencapai pendidikan juga karir yang cemerlang melebihi manusia normal pada umumnya.


Asmara

Pict : Koalahero.com

Tak lengkap rasanya jika tidak menceritakan sedikit tentang kehidupan asmara sang motivator dunia.

Pada tahun 2008, Nick bertemu dengan seorang wanita cantik bernama Kanae Miyahara ketika sedang berada di Amerika. Ia langsung jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan wanita itu.

Pada tahun 2012, Nick akhirnya menikahi Kanae. Saat ini Nick dan istri telah dikaruniai 4 orang anak. Dua di antaranya adalah anak lelaki, dan dua lagi adalah anak kembar perempuan.

Siapa sangka, sosok dengan kekurangan fisik seperti Nick Vujicic dapat berjodoh dengan wanita cantik dan menjadi orang sukses yang menginspirasi jutaan manusia di dunia!

Kerja keras dan pantang menyerah adalah kunci utama untuk bangkit dan meraih dunia dalam genggaman. Meski fisik tak sempurna, tak akan menjadi halangan untuk terus maju.

Begitulah sosok Nick Vujicic, INSPIRING PEOPLE yang mendunia. Semoga kita yang memiliki fisik sempurna ini bisa lebih semangat lagi dalam mencapai cita.

*Tulisan ini pernah saya ikutkan di event Kaskus Inspiring People dengan akun @SangTeratai

24 comments

  1. Saya kalau baca kisah seperti ini jadi meleleh bawaannya. Malu rasanya kalau masih sering mengeluh, sementara orang seperti Nick Vujicic, bersemangat untuk terus berbagi dan menginspirasi. Terima kasih mba buat tulisannya yang menjadi pengingat bagi saya pribadi

    ReplyDelete
  2. Yaampunnn. Memang kudu byk membaca kisah begini aku tuh, biar makin bersyukur uhu.. Keren memang ya mbak, bisa bikin nmbh semangat

    ReplyDelete
  3. Masha Allah sangat menginsporasi jalan hidupnya ya... Jadi malu kota yang terlahir lengkap kerap kehilangan semangat

    ReplyDelete
  4. aku suka juga sama motivator Nick selalu menginspirasi dengan segala apa yang dimilikinya, kita jadi banyak belajar dari dia

    ReplyDelete
  5. Terimakasih Mbak, Sangat menginspirasi tulisannya.

    Hikmah yg dapat kita petik, kita harus banyak bersukur dg apapun keadaan kita, jangan mudah menyerah Seorang Nick yg difabel mampu sukses dan menjadi motivator dunia, kalau kita memiliki anggota tubuh lengkap mestinya harus lebih semangat menjalani kehidupan ini.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Sangat menginspirasi. Pasti tidak mudah mencapai semua yang yang didapat oleh Nick. Butuh tekad, usaha dan mental yang luar biasa. Syukur juga Nick bisa menikah dan punya anak. Cerita ini membuat kita menjadi malu karena sudah diberi fiaik sempurna tapi masih banyak mengeluh.

    ReplyDelete
  9. masyaAllah...aku terkesima bagnet. malu sm Allah, kita yang lengkap anggota geraknya sering ngeluh. gmn nick? dia bs mengisnpirasi banyak org...seneng bgt liat anaknya banyak, mana ada yang kembar

    ReplyDelete
  10. Masyaallah menginspirasi banget sosok difabel yang menjadi motivator ini. Kadang jadi malu sendiri kalau mengeluh, ternyata banyak yang dikasih kekurangan fisik tapi tetep bisa bersyukur

    ReplyDelete
  11. Subhanallah, luar biasa semangat Nick ini. Jadi malu kan, terlahir sempurna tapi masih suka ngeluh. Ngerasa banget kadang sy kurang bersyukur. Motivasi buat kita semua biar lebih banyak bersyukur, juga hidup bermanfaat buat sesama. Trims infonya, mba

    ReplyDelete
  12. Luar biasa. Jadi malu sama diri sendiri. Kita yg sempurna kadang begini sedangkan Nick keren banget. Sy jadi sedih melihat diri sendiri. Makasih sudah berbagi Mbak, kdg kita perlu membaca kisah motivator sprti ini agar ttp spirit ditengah pandemi

    ReplyDelete
  13. Waalaikumusalam
    Saya pernah lihat videoonya kalo gak salah
    Masya Allah sangat menginspirasi
    Bener-bener bikin kita makin bersyukur dan semangat menjalani hidup

    ReplyDelete
  14. Syukuri dengan nikmat yg telah Allah Swt berikan, tak perlu membully dan mengeluh. Semangat Nick menjadi inspirasi kita

    ReplyDelete
  15. Merinding bacanya. Yang pasti, orang tua berperan penting dalam hal motivasi ini. Luar biasa ya, istrinya Nick. Tidak banyak wanita berhati mulia sepertinya. Aku terharu....

    ReplyDelete
  16. selalu terharu membaca kisah-kisah dari orang yang terus berjuang walau dengan kekurangan yang ada, inspiratif.

    ReplyDelete
  17. Sangat menginspirasi nih bapak satu ini. Memiliki jiwa yang bebas walau raga tak sempurna

    ReplyDelete
  18. Ini keren banget sih. Nggak mudah lho bangkit dari bullying gitu. Apalagi kondisinya kaya gitu ya. Jadi malu nih sama diri sendiri yang suka minder.

    ReplyDelete
  19. Lucu anak kembarnya. Keren banget. Sangat menginspirasi sekali. Jadi malu kalo masih suka mengeluh

    ReplyDelete
  20. Masya Allah... dibalik ujianNya, Allah SWT selalu memberikan anugrah dan berkah yang luar biasa

    ReplyDelete
  21. Subhanallah aku sudah kenal lama sejak 2012 inspirator ini, dan sampai hari ini masih terinspirasi. Pelajaran hidupnya tetap amajing buatku

    ReplyDelete
  22. Aku cukup familiarbdengan sosok Nick. Dan benar2 terinspirasindari beliau. Aku juga salutbsama pasangan yg membersamai beliau. Salut pokoknya.

    ReplyDelete
  23. Bersyukur banget kita yg diberi anggota tubuh yg lengkap dan sempurna ini harus digunakan sebaik baiknya

    ReplyDelete

Member Of