Cara Mencuci Handuk agar Tetap Lembut

 

cara mencuci handuk

Cara mencuci handuk yang benar agar bersih dan tetap lembut ternyata masih belum diketahui banyak orang. Tak sedikit yang mengabaikan hal yang mungkin dianggap sepele ini. Padahal, mencuci handuk dengan cara yang tidak tepat bisa membuatnya menjadi kasar.

Handuk sendiri merupakan salah satu peralatan mandi yang wajib ada. Sebab, benda ini berfungsi untuk menyerap air agar tubuh kering sebelum memakai kembali pakaian. Tak hanya untuk mandi, handuk juga berfungsi untuk mengelap tangan, keringat, dan lainnya sesuai ukuran dan jenis bahan yang digunakan.

Apabila handuk terasa kasar, tentu Anda juga tidak akan nyaman menggunakannya. Bahkan, serat kain pada handuk bisa menjadi lebih cepat rusak. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa cara atau tips yang perlu diperhatikan agar handuk Anda dan keluarga tetap lembut.

Berikut cara mudah mencuci handuk agar tetap lembut:

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Mencuci handuk terlalu sering bisa membuat serat-serat kain pada handuk cepat rusak. Hindari mencuci handuk setiap kali selesai menggunakannya karena bisa membuat serat handuk rusak dan terasa kasar ketika digunakan.

Salah satu cara mencuci handuk agar tetap lembut adalah mencucinya paling sedikit setelah tiga kali pemakaian. Jangan lupa untuk menjemur handuk setiap kali selesai digunakan. Hal ini bertujuan agar handuk tetap kering dan tidak lembab ketika Anda menggunakannya kembali. Handuk yang lembab bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

2. Pisahkan ketika Mencuci

Handuk yang hendak dicuci tentunya tidak sekotor pakaian yang digunakan sehari-hari. Untuk itu, tidak dibutuhkan detergen yang banyak dalam mencuci handuk. Penggunaan detergen yang berlebihan bisa menumpuk dan membuat handuk menjadi kasar.

Oleh sebab itu, sebaiknya pisahkan handuk dengan pakaian ketika dicuci. Penggunaan pewangi pakaian juga sebaiknya dihindari karena handuk tidak bisa kelembabannya. Hal itu akan mempercepat kerusakan serat mantel handuk.

3. Manfaatkan Bahan Dapur

Jika Anda merasa hanya mencuci saja dengan detergen secukupnya masih belum cukup menghilangkan bau apek pada handuk, Anda bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur rumah. Salah satunya yaitu cuka.

Cara mencuci handuk dengan memanfaatkan cuka agar tidak bau apek yaitu dengan mencapurkan satu cangkir cuka ke dalam air bilasan. Jangan lupa untuk menggunakan air hangat ketika membilas handuk.

Selain cuka, Anda juga bisa menggunakan baking soda atau soda kue untuk menghilangkan bau apek pada handuk. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kue ini juga bisa mencegah pertumbuhan jamur dan menghilangkan noda minyak dan makanan pada kain.

Penggunaan baking soda dalam mencuci handuk sangat mudah. Anda cukup mencampurkan satu cangkir baking soda ke dalam air yang akan digunakan untuk mencuci handuk. Apabila noda tidak hilang setelah dicuci, Anda bisa melarutkan secangkir baking soda dengan air panas. Setelah itu, rendam handuk satu malam, lalu cuci seperti biasa.

4. Keringkan dengan Benar

Tak sedikit orang yang menggunakan pengering setelah mencuci handuk. Tujuannya tentu agar handuk lebih cepat kering. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakannya. Sebab, terlalu sering menggunakan pengering untuk mengeringkan handuk bisa membuat serat-serat pada handuk menjadi lebih cepat rusak. Akibatnya, handuk akan terasa kasar.

Jika handuk Anda masih terasa basah setelah dikeringkan dengan pengering, jangan ulangi hal yang sama hingga handuk Anda kering. Sebaiknya segera jemur handuk agar kering dengan sendirinya. Jemur handuk di tempat yang berangin dan tidak langsung terpapar sinar matahari.

Itulah beberapa cara mencuci handuk yang benar agar handuk Anda dan keluarga tetap lembut. Sangat mudah, bukan? Semoga bermanfaat.

 

No comments

Member Of